RAPAT KOORDINASI NASIONAL BIDANG PERPUSTAKAAN TAHUN 2020

Tak Berkategori

Jakarta, Media Center Kabupaten Seluma – Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Seluma Rosdiana, S. Sos, M. Si mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2020 di Ballroom Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (25/2020).

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari yakni 25-27 Februari 2020 resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ini mengusung tema “Inovasi dan Kreativitas Pustakawan dalam Penguatan Budaya Literasi Untuk Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju”.

Pembukaan Rakornas ditandai dengan pemukulan gong oleh Mendagri didampingi Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti, Deputi Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana, dan Sekretaris Utama Perpusnas Sri Sumekar.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam sambutannya antara lain menyatakan mendukung rencana baik dan program yang dilaksanakan Perpusnas dan kegiatan ini diharapkan mampu menjadi momentum dalam mendukung gerakan literasi di berbagai sektor.

“Kami dari Kementerian mendukung untuk menggerakan literasi terutama dalam kaitannya dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, inovatif, dan memiliki kreativitas bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter,” ungkap Tito Karnavian.

Dalam Rakornas ini, Perpusnas dan seluruh pemangku kepentingan di bidang Perpustakaan di Indonesia menyatukan tekad untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas bagi para pustakawan demi penguatan indeks literasi.

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando dalam sambutannya mengatakkan bahwa yang akan menjadi fokus pembahasan rakornas adalah soal tenaga pustakawan.

“Membaca merupakan faktor esensial dalam upaya membangun fondasi yang kokoh bagi terwujudnya budaya literasi, inovasi dan kreativitas masyarakat,”Ujarnya.

Rakornas Bidang Perpustakaan 2020 ini dihadiri tidak kurang dari 1.500 peserta dari seluruh Kepala Dinas Perpustakaan se-Indonesia, Bappeda se-Indonesia, berbagai forum perpustakaan, asosiasi penerbit dan profesi, pengusaha rekaman, pegiat literasi, dan para pustakawan se-Indonesia serta pejabat perpusnas dan seluruh Kepala UPT Perpusnas. (EM)

Sumber berita dan foto : Humas dan Protokol Setda Kabupaten Seluma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *