LOMBA DESA TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL TINGKAT PROVINSI BENGKULU

Tak Berkategori

Tais, Media Center Kabupaten Seluma -Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH hadir dalam penyambutan Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tertib Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Bengkulu di Desa Sido Sari Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, Kamis (24/10/2019).

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu M. Ihwan, SH, MH, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Seluma Hj. Elda Efita Bundra Jaya, tim penilai beserta rombongan, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma dan jajarannya, Camat Sukaraja, Kepala Desa Sido Sari beserta Perangkatnya, unsur Tripika, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Hj. Irzani, S.IP, M.Si dalam laporannya antara lain mengatakan bahwa Kabupaten Seluma pada Tahun 2019 ini telah menetapkan 56 desa dengan Surat Keputusan Bupati Seluma Nomor 472 – 271 Tahun 2019 tentang Penetapan Pilot Project Desa/Kelurahan Tertib Administrasi Kependudukan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma.

“Setelah melalui tahapan penilaian tingkat Kabupaten Seluma akhirnya diputuskan Desa Sido Sari Kecamatan Sukaraja yang meraih juara satu Desa Tertib Administrasi Kependudukan Tingkat Kabupaten Seluma yang sekarang diikutkan ke tingkat Provinsi,” ujar Hj. Irzani, S.IP, M.Si.

Tahun lalu seluma sudah meraih juara 1 dalam lomba Desa/Kelurahan Tertib Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tingkat Provinsi Bengkulu yang diwakilkan oleh Desa Lawang Agung dan berharap tahun ini gelar juara bisa dipertahankan.

Kepala Desa Sido Sari Sumardi dalam sambutannya menjelaskan bahwa cakupan kepemilikan KTP-EL, Akte Kelahiran dan KIA di desanya telah mencapai 100% dan telah melakukan inovasi-inovasi pelayanan.

“Inovasi berupa Aplikasi Data Desa yang memuat pelayanan kependudukan, pelayanan surat menyurat yang bisa diakses online melalui teknologi komputer dan android, Pelayanan Monalisa, Penerapan arsip digital, kartu register dan pelayanan yang menarik lainnya,” ungkap Sumardi.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH dalam sambutannya antara lain mengatakan selamat datang kepada Tim Penilai dan semoga menghasilkan nilai terbaik untuk Desa Sido Sari dan terpilihnya Desa Sido Sari sebagai perwakilan Kabupaten Seluma merupakan Apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Seluma karena berkat tekat dan kemauan yang kuat dari Aparat Desa untuk membahagiakan masyarakat melalui pencapaian target kepemilikan seluruh dokumen kependudukan bagi seluruh warga Desa Sido Sari.

“Maka besar harapan kami Desa Sido Sari dapat menjadi pemenang Lomba Desa Tertib Administrasi Kependudukan Tingkat Provinsi Tahun 2019 mengingat capaian persentasi kepemilikan dokumen sangat sesuai harapan dan target dalam menyukseskan Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi”, ungkap H. Bundra Jaya, SH, MH.

Kehadiran Bupati pada acara ini merupakan bentuk keseriusan dari komitmen pelaksanaan Pemerintah Kabupaten Seluma dalam mendukung gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan. (EM).

MC Kabupaten Seluma/Kominfo Kabupaten Seluma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *