KABUPATEN SELUMA JUARA 3 LOMBA PERPUSTAKAAN DESA/KELURAHAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

Tak Berkategori

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Perpustakaan Lestari Desa Bukit Peninjauan II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma yang mewakili Provinsi Bengkulu berhasil meraih juara 3 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2019 yang diumumkan pada acara Grand Final yang berlangsung di Hotel Arya Duta Jakarta, Sabtu (17/08/2019).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Seluma Rosdiana, S. Sos, M. Si dan Pustakawan Provinsi Bengkulu Toni Hartanto, S.Sos mendampingi Rasiman sebagai Kepala Perpustakaan dan Fifi sebagai Petugas Pengelola Perpustakaan Lestari Desa Bukit Peninjauan II Kecamatan Sukaraja dalam perlombaan tersebut.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Seluma Rosdiana, S. Sos, M. Si mengatakan bahwa perlombaan ini digelar oleh Perpustakaan Nasional RI di Jakarta pada tanggal 14-16 Agustus 2019 setelah melalui tahapan-tahapan seleksi yang dimulai dari penentuan pemenang tingkat kabupaten lalu ketingkat provinsi dilanjutkan pengiriman berkas ke tingkat nasional untuk penyeleksian berkas dan terakhir visitasi lapangan yang dilakukan langsung oleh dewan juri hingga pada tahap final terpilih 18 perpustakaan desa/kelurahan mewakili provinsi masing-masing bersaing untuk menjadi yang terbaik dari tiga klaster yaitu Klaster A, B dan C.

“Alhamdulillah akhirnya perpustakaan Lestari dari Desa Bukit Peninjauan II Kecamatan Sukaraja meraih juara 3 untuk kategori klaster B. Walaupun dengan segala keterbatasan akhirnya berhasil menyisihkan kontestan se-Indonesia. Penghargaan ini menjadi kado spesial untuk Kabupaten Seluma di hari kemerdekaan RI Tahun 2019 ini”, lanjut Rosdiana, S. Sos, M. Si dengan penuh kebanggaan.

Kepala Perpustakaan Lestari Rasiman mengucapkan terimakasih atas pembinaan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Seluma dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bengkulu sehingga mendapatkan penghargaan ini.

Rasiman juga menjelaskan Perpustakaan Lestari selain membudayakan minat baca juga menjadi sumber informasi dan tempat belajar dalam rangka meningkatkan kecerdasan masyarakat Desa Bukit Peninjauan II Kecamatan Sukaraja dan masyarakat sekitarnya.

“Pengelolaan perpustakaan Lestari ini menggunakan cara berbasis inkluasi sosial yaitu dengan memfasilitasi masyarakat dalam mengembangkan potensinya dengan pemberdayaan lansia dan janda yang buta huruf”, lanjur Rasiman. (EM/HS)

MC Kabupaten Seluma/Kominfo Seluma.
Foto-foto : Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Seluma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *