SOSIALISASI KEBIJAKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN SELUMA

Tak Berkategori

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Bupati Seluma yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Marhakidinata, M.Pd membuka acara Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Seluma, Selasa (1/10/2019) yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Seluma.

Dihadiri oleh Camat, Lurah, Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Seluma beserta staf Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seluma.

Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma Hj.Irzani, M.Si, Kabid. Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma Dewi Ilmiawanti, M.AP dan Kabid. Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan (PDIP) Disdukcapil Kabupaten Seluma Ni Luh Satriani, M. Si.

Dalam sambutan Bupati Seluma yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Marhakidinata, M.Pd antara lain mengungkapkan harapannya agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak mempunyai dokumen kependudukan mulai dari Kartu Keluarga (KK), KTP-EL, Akta dan Kartu Identitas Anak (KIA) seluruh dokumen harus lengkap karena semua itu sangatlah penting.

“Saya harapkan Lurah dan Kepala Desa beserta perangkatnya harus selalu mengingatkan masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan ke Dinas Dukcapil dan tidak dipungut biaya (gratis),” imbau Marhakidinata, M.Pd.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Seluma Hj. Irzani, M.Si dalam laporannya antara lain mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi dan pentingnya dokumen kependudukan.

“Sehingga mendorong masyarakat tertib administrasi untuk melapor semua peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialaminya”. Ungkap Hj. Irzani, M. Si.

Kemudian Asisten Administrasi Umum Marhakidinata, M. Pd menyerahkan piagam dan uang pembinaan untuk juara desa terbaik tertib administrasi kependudukan Tahun 2019 yaitu Juara 1 Desa Sidosari memperoleh piagam dan uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah, Juara 2 Kelurahan Pasar Tais dan Juara 3 Desa Pasar Ngalam masing-masing memperoleh piagam dan uang pembinaan sebesar 2.5 juta rupiah. Juara 1 terbaik akan mewakili Kabupaten Seluma pada Lomba Tertib Administrasi Kependudukan Tingkat Provinsi pada pertengahan Bulan Oktober 2019 mendatang.

Pada kesempatan ini juga Asisten Administrasi Umum Marhakidinata, M.Pd dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma Hj. Irzani, M. Si menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada Kepala Desa dan Lurah peserta sosialisasi berjumlah 1500 KIA.

Diakhir acara setelah mendengarkan testimoni dari pemenang atau juara 1 pilot project Tertib Administrasi Kependudukan Tahun 2018 Tingkat Provinsi oleh Sekdes Lawang Agung Herwan kemudian dilakasanakan pertemuan forum konsultasi publik di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil guna mencermati standar Operasional Prosedur Pelayanan di Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma.(EM).

MC Kabupaten Seluma/Dinas Kominfo Kabupaten Seluma.
Foto-foto : Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *