STAND KABUPATEN SELUMA IKUT MEMERIAHKAN GELAR TEKNOLOGI TEPAT GUNA NASIONAL (TTGN) XXI

Tak Berkategori

Bengkulu, Media Center Kabupaten Seluma – Kabupaten Seluma ikut memeriahkan dan menyukseskan event nasional Gelar TTGN ke XXI yang resmi dibuka oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo, kemarin (22/09/2019) di Kawasan Sport Center Pantai Panjang Bengkulu.

Provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah gelaran nasional tahunan dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi yang diikuti oleh seluruh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang berlangsung dari tanggal 21 September sampai dengan 25 September 2019 ini.

Gelar TTGN ini bertujuan mempercepat alih teknologi kepada masyarakat khususnya masyarakat desa secara tepat guna dan mendorong masyarakat untuk berkreasi dan berinovasi dalam mengolah produk unggulan daerahnya sehingga lebih bernilai dan dapat bersaing serta ikut mempromosikan dan memasyarakatnya, demikian yang disampaikan Menteri Desa, PDT dan Tramsmigrasi Eko Putra Sandjojo dalam sambutannya.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH bersama-sama dengan Gubernur Bengkulu dan Bupati/Walikota se- Bengkulu menandatangani MoU dengan PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai tanda pemesanan pertama produksi Mobil Nasional Esemka.

Selain itu, Kabupaten Seluma turut berpartisipasi dalam Gelar TTGN ke XXI ini dengan mengikuti Pameran yang dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Seluma.

Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma Saparudin, S.Sos menjelaskan stand pameran Kabupaten Seluma dalam Gelar TTGN ke XXI ini menampilkan Inovasi Teknologi Tepat Guna unggulan yaitu Mesin pencacah pelepah dan daun sawit menjadi pakan ternak dan pupuk organik yang merupakan inovasi masyarakat Desa Sumber Arum Kecamatan Sukaraja.

“Keunggulan Mesin pencacah yang merupakan pengembangan ini yaitu mampu mengolah pelepah sawit menjadi seperti serbuk tanpa harus dikupas atau dibersihkan”, sambung Saparudin.

Juga ditampilkan teknologi pemanfaatan air kelapa menjadi cuka alami dari Desa Maras Tengah Kecamatan Semidang Alas Maras, Alat tradisional pembuat penggulung tali dari Desa Talang Beringin Kecamatan Seluma Utara, Pembuatan Biourine plus Pestiaida Nabati dari Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan, Alat pembuatan Jesica dan Minyak Serai dari Desa Sukasari Kecamatan Air Periukan dan Mesin Pencacah rumput gajah, jerami dan pelepah sawit dari Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan.

Sedangkan produk unggulan olahan dari Bumdes yang dipamerkan dan dapat dibeli oleh pengunjung stand pameran Kabupaten Seluma, antara lain Sirup Jeruk Kalamansi produksi Bumdes Cahaya Mandiri Desa Cahaya Negeri Kecamatan Sukaraja; Produk Tenun Bumpak berupa kain dan Kopiah produksi Bumdes Kampai Mandiri Desa Kampai Kecamatan Talo; Produk Cucur Ringgit, Cucur Bandan dan Telur Asin prosuksi Bumdes Cahaya Gemilang Desa Air Teras Kecamatan Talo; Produk Sate Lokan, Kerpuk Ikan dan Abon Ikan produksi Bumdes Serian Jaya Desa Serian Bandung Kecamatan Semidang Alas Maras; Produk Jahe Instan, Kacang Telur dan Keripik Singkong produksi Bumdes Mulya Lestari Desa Sari Mulya Kecamatan Sukaraja dan Produk Minyak Serai Wangi dan Jesica produksi Bumdes Manfaat Desa Sukasari Kecamatan Air Periukan.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH, MH, Ketua DPRD Kabupaten Seluma Nofi Eriyan Andesca, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Seluma Ny. Elda Efita Bundra Jaya, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Sosial setelah acara pembukaan Gelar TTGN ke XXI nampak mengunjungi stand pameran Kabupaten Seluma bersama-sama dengan pengunjung pameran lainnya. (HS).

MC Kabupaten Seluma / Kominfo Seluma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *