KEP RIMBO JAYA MERAIH PERINGKAT 3 NASIONAL KATEGORI KELEMBAGAAN EKONOMI PETANI

Tak Berkategori

Tais, Media Center Kabupaten Seluma –
Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP)
Rimbo Jaya Kelurahan Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma mewakili Provinsi Bengkulu meraih Penghargaan Peringkat 3 Besar Tingkat Nasional Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) yang diserahkan pada tanggal 17 Agustus 2019 dalam acara Pemberian Penghargaan Nasional bagi Pelaku Pembangunan Pertanian Tahun 2019 oleh Menteri Pertanian RI di Kementerian Pertanian Jakarta, Sabtu (17/08/2019).

Pada Tahun 2019 ini ada 30 orang dari 26 provinsi yang menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian yang terbagi dalam 7 kategori yaitu Petani Berprestasi 5 orang, Gapoktan Berprestasi 5 orang, Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Berprestasi 5 kelompok, Penyuluh Pertanian (PNS/THL-TB PP/Swadaya) Teladan 5 orang, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Berprestasi 5 unit, Dosen Berprestasi 5 orang, dan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Berprestasi 2 unit.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Rustandianto, SP, MP mendampingi Ketua Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Rimbo Jaya Kelurahan Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma Akraludin untuk mengikuti acara Kementerian Pertanian RI yang berlangsung selama Lima hari mulai Tanggal 15 -19 Agustus 2019.

Rustandianto, SP, MP mengatakan
pelaksanaan lomba tingkat nasional ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Juli Tahun 2019. Di Kabupaten Seluma diawali dari seleksi tingkat kecamatan dimana setiap perwakilan 1 Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) mengumpulkan 1 berkas untuk di seleksi tingkat kabupaten, jumlah BPP di Kabupaten Seluma sebanyak 9 (Sembilan) BPP yaitu BPP Sukaraja, BPP Lubuk Sandi, BPP Talang Dantuk, BPP Bungamas, BPP Sukarami, BPP Talo, BPP Ilir Talo, BPP Semidang Alas dan BPP Semidang Alas Maras yang diseleksi untuk memilih 1 pemenang.

Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Rimbo Jaya Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma perwakilan dari BPP SUKARAMI Kecamatan Seluma Selatan terpilih sebagai pemenang tingkat Kabupaten Seluma yang selanjutnya mengikuti seleksi ke tingkat provinsi yang dilaksanakan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu.

Kemudian DTPHP Provins Bengkulu membawa masing-masing calon dari setiap kategori ke Kementerian Pertanian untuk mengikuti seleksi tingkat nasioanal.

“Alhamdulillah dari hasil seleksi nasioanal di Kementerian Pertanian, Kabupaten Seluma memperoleh predikat 3 besar untuk kategori Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP)”, lanjut Rustandianto, SP, MP.

Ketua Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Rimbo Jaya Kelurahan Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma Akraludin yang juga merupakan ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Seluma mengucapkan syukur atas apa yang diperoleh saat ini dan ucapan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada Dinas Pertanian yang telah membina sehingga KEP yang dipimpinnya meraih penghargaan 3 besar di Tingkat Nasional, “salah satu keunggulan dari KEP kami adalah memproduksi Beras Sehat Aromatik”.

“Saya sangat senang masuk 3 besar teladan karena diundang hadir di Jakarta untuk mengikuti rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 bersama Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR 2019 sedangkan bagi pemenang ke 4 dan 5 besar hanya menghadiri sidang tahunan MPR/DPR 2019 saja”, lanjut Akraludin.(EM/HS).

Media Center Kabupaten Seluma/Kominfo Seluma.
Foto-Foto : Ketua KEP Rimbo Jaya Akraludin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *