DINAS KOMINFO KABUPATEN SELUMA MELAKUKAN PENGAMANAN DATA DAN INFORMASI DALAM PENYELENGGARAAN SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE) DI KABUPATEN SELUMA

Tak Berkategori

Dalam rangka melaksanakan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang wajib dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel.

SPBE atau yang biasa dikenal dengan e-Government yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE / publik / masyarakat saat ini sedang gencar-gencarnya di sosialisasikan oleh Pemerintah Pusat.

Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Dinas Kominfo Kabupaten Seluma selaku koordinator / penanggungjawab infrastruktur Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) mulai membenahi penyelenggaraan pelayanan publik yang menggunakan aplikasi dan didukung oleh Teknologi Informasi Komunikasi yang dilaksanakan oleh OPD-OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma.

Dinas Kominfo Kabupaten Seluma melihat pelaksanaan SPBE di Kabupaten Seluma masih berjalan sendiri-sendiri mulai dari perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan pelayanan yang diberikan, dalam arti belum adanya kolaborasi, kerja sama dan integrasi layanan sehingga masih terjadi pemborosan anggaran TIK. Masih adanya OPD yang menganggarkan belanja internet sendiri di luar yang sudah dianggarkan melalui Dinas Kominfo. Juga belanja server yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu soal keamanan data dan informasi yang dikelola masing-masing OPD sangat mengkhawatirkan dikarenakan server yang ada tidak ditempatkan di tempat yang steril, bercampur dengan ruangan pegawai dan peralatan kantor lainnya.

Oleh karena itu melalui Proyek Perubahan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Seluma Hendarsyah, S.I.P, MT yang saat ini sedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2019 di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta membuat gagasan Inovatif melakukan “Pengamanan Informasi Sistem Pemerintahan Berbasis elektronik di Kabupaten Seluma” dengan melakukan proses menghubungkan dan mengintegrasikan fisik Server dan beberapa layanan SPBE ke dalam satu kesatuan alur kerja layanan SPBE.

Gagasan perubahan ini mendapat dukungan dari Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan OPD yang menyelenggarakan layanan secara elektronik antara lain BPKD dengan e-budgeting dan SImda Keuangan dan Aset, DPMPTSP dengan e-perijinan, BKPSDM dengan simpeg dan e-Kinerja, Bappeda dengan e-planning atau e-Musrenbang, Disdukcapil dengan e- KTP nya dan OPD lainnya.

Dukungan Kepala Daerah dengan terbitnya Peraturan Bupati Seluma Nomor 33 Tahun 2019 tentang Manajemen Pengamanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma yang mengatur penerapan Manajemen Pengamanan Informasi SPBE oleh Pengguna SPBE untuk pelayanan publik yang berdasarkan asas Risiko.

Tujuan Peraturan Bupati ini adalah menjamin keberlangsungan SPBE di Kabupaten Seluma dengan meminimalkan dampak risiko dalam penyelenggaraan SPBE itu sendiri.

Perbup ini mengacu kepada ISO 270001 yang membagi keamanan informasi dari 3 aspek yaitu Kerahasiaan, Integritas dan Ketersediaan informasi, sehingga diharapkan pengelolaan keamanan informasi SPBE memenuhi standar keamanan sehingga dapat menghindari atau mengurangi risiko dan ancaman yang dapat merugikan.

Juga memastikan dan menyakinkan integritas, ketersediaan dan kerahasiaan dalam pengelolaan informasi yang digunakan dalam SPBE.

Manfaat dilaksanakannya pengamanan informasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Seluma ini yaitu bagi Pemerintah Kabupaten Seluma dapat mengantisipasi ancaman-ancaman yang mungkin terjadi terhadap data dan informasi, baik dari fisik server maupun aplikasi layanan dan data di dalamnya.

Masyarakat atau pengguna SPBE mendapatkan jaminan akses informasi dan data tersedia setiap saat dibutuhkan sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat atas informasi yang dihasilkan.

Dinas Kominfo Kabupaten Seluma berharap dengan penertiban penyelenggaraan SPBE di Kabupaten Seluma ini juga menghasilkan nilai baik dalam penilaian penyelenggaraan SPBE yang dilakukan oleh Kemenpan RB sejak Tahun 2018.

Saat ini sebagai bentuk dukungan telah dilakukan oleh BPKD dan BKPSDM Kabupaten Seluma dengan telah menyerahkan server yang dimilikinya untuk di “aman’ kan di Ruang server Dinas Kominfo Kabupaten Seluma dan ke depannya diharapkan seluruh OPD pun akan melakukan hal yang sama sehingga dengan adanya kolaborasi dan kerja sama ini akan menghasilkan pelayanan publik yang lebih baik, efisien, transparan dan akuntabel.

MC Kabupaten Seluma / Kominfo Seluma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *