FKUB MELAKSANAKAN SOSIALISASI PERATURAN BERSAMA MENTERI NOMOR 9 DAN NOMOR 8 TAHUN 2006

Tak Berkategori

Tais, Media Center Kabupaten Seluma-
Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto, M.Si membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Bersama Menteri yaitu Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 tahun 2006 dan Nomor 8 tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Pendirian Rumah Ibadah, di Hotel Rizky Seluma, Kamis (12/9/2019) pagi.

Kegiatan yang diadakan FKUB ini diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Seluma, Ketua KPU Kabupaten Seluma, Kepala Kemenag Kabupaten Seluma, Ketua MUI Kabupaten Seluma, tokoh lintas agama Kabupaten Seluma, tokoh masyarakat dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Seluma DRS. Suparto, M.Si dalam sambutannya antara lain menyampaikan kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, Pimpinan OPD dan pejabat pemerintah untuk tetap menjaga kerukunan agama, stabilitas sosial dan politik agar tidak terjadi konflik di masyarakat.

“Kepada pimpinan FKUB diharapkan agar dapat memetakan daerah-daerah yg rawan konflik dan sekaligus memberi peringatan dini terhadap kerawanan konflik tersebut”, lanjut Drs. Suparto, M. Si.

Ketua FKUB Kabupaten Seluma H Darsono, S. Pd, M.Pd dalam sambutannya antara lain menyampaikan potensi konflik bernuansa keagamaan antara lain adanya pendirian rumah ibadah, ekspansi penyebaran ajaran agama dan pelecehan agama.

“Adapun yang merupakan faktor perekat antar umat yaitu adanya kasih sayang antar sesama, toleransi, emphaty, santun dan perduli dengan sesama, kerjasama dan gotong-royong serta membiasakan musyawarah dalam masyarakat”, ungkap Darsono, S. Pd, M.Pd.

Kemudian Darsono, S. Pd, M.Pd. juga mengatakan tugas FKUB antara lain melakukan dialog dengan pemuka agama dan tokoh masyarakat, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan ormas keagamaan, melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan dibidang keagamaan serta memberikan rekomendasi tertulis atas permohonan pendirian rumah ibadah. (EM/HbS).

Media Center Kabupaten Seluma/Kominfo Seluma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *